Sabtu, 19 November 2011

ASI EKSKLUSIF


DEFINISI
ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berumur nol sampai enam bulan. Bahkan air putih tidak diberikan dalam tahap ASI eksklusif ini.
Pada tahun 2001 World Health Organization / Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa ASI eksklusif selama enam bulan pertama hidup bayi adalah yang terbaik. Dengan demikian, ketentuan sebelumnya (bahwa ASI eksklusif itu cukup empat bulan) sudah tidak berlaku lagi.

==Bagaimana Mencapai ASI eksklusif==
WHO dan UNICEF merekomendasikan langkah-langkah berikut untuk memulai dan mencapai ASI eksklusif
Menyusui dalam satu jam setelah kelahiran
§  Menyusui secara ekslusif: hanya ASI. Artinya, tidak ditambah makanan atau minuman lain, bahkan air putih sekalipun.
§  Menyusui kapanpun bayi meminta (on-demand), sesering yang bayi mau, siang dan malam.
§  Tidak menggunakan botol susu maupun empeng.
§  Mengeluarkan ASI dengan memompa atau memerah dengan tangan, disaat tidak bersama anak.
§  Mengendalikan emosi dan pikiran agar tenang.

KESALAHPAHAMAN MENGENAI ASI EKSKLUSIF
Setelah ASI ekslusif enam bulan tersebut, bukan berarti pemberian ASI dihentikan. Seiiring dengan pengenalan makanan kepada bayi, pemberian ASI tetap dilakukan, sebaiknya menyusui dua tahun menurut rekomendasi WHO

MANFAAT ASI 6 BULAN
berikut adalah manfaat ASI Ekslusif enam bulan daripada hanya empat bulan.
Untuk Bayi
§  Melindungi dari infeksi gastrointestinal
§  Bayi yang ASI ekslusif selama enam bulan tingkat pertumbuhannya sama dengan yang ASI eksklusif hanya empat bulan.
§  ASI eksklusif enam bulan ternyata tidak menyebabkan kekurangan zat besi
Untuk Ibu
§  Menambah panjang kembalinya kesuburan pasca melahirkan, sehingga
§  Memberi jarak antar anak yang lebih panjang alias menunda kehamilan berikutnya
§  Karena kembalinya menstruasi tertunda, ibu menyusui tidak membutuhkan zat besi sebanyak ketika mengalami menstruasi
§  Ibu lebih cepat langsing. Penelitian membuktikan bahwa ibu menyusui enam bulan lebih langsing setengah kg dibanding ibu yang menyusui empat bulan.
§  lebih ekonomis

APABILA TAK ADA ASI
Apabila karena beberapa hal ASI tidak dapat diberikan, gantikan dengan susu formula secara eksklusif hingga enam bulan. Kemudian lanjutkan bersama dengan MPASI sampai dengan umur setahun. Setelah setahun susu formula tidak perlu, dan bisa diganti dengan susu sapi.
Apabila masih ingin mencoba menyusui dengan ASI, bacalah lebih lanjut mengenai relaktasi dan coba hubungi Konsultasi ASI terdekat.
Aturan agar menunda memberikan MPASI pada anak < 6 bulan bukan hanya berlaku utk bayi yg mendapatkan ASI eksklusif. Tetapi juga bagi bayi yg tidak mendapatkan ASI (susu formula atau mixed)

MENGAPA JANGAN MEMBERI MAKANAN TMBAHN SEBELUM 6 BULAN
 Saat bayi berumur 6 bl keatas, sistem pencernaannya sudah relatif sempurna dan siap menerima MPASI. Beberapa enzim pemecah protein spt asam lambung, pepsin, lipase, enzim amilase, dsb baru akan diproduksi sempurna pada saat ia berumur 6 bl.
§  Mengurangi resiko terkena alergi akibat pada makanan. Saat bayi berumur < 6 bl, sel2 di sekitar usus belum siap utk kandungan dari makanan. Sehingga makanan yg masuk dapat menyebabkan reaksi imun dan terjadi alergi.
§  Menunda pemberian MPASI hingga 6 bl melindungi bayi dari obesitas di kemudian hari. Proses pemecahan sari2 makanan yg belum sempurna.Pada beberapa kasus yg ekstrem ada juga yg perlu tindakan bedah akibat pemberian MPASi terlalu dini. Dan banyak sekali alasan lainnya mengapa MPASI baru boleh diperkenalkan pada anak setelah ia berumur 6 bl.==Mengapa Jangan Memberikan Makanan Sebelum Enam Bulan==Tidak ada untungnya memberikan makanan pengganti ASI sebelum enam bulan - selain kelebihan berat badan yang tidak perlu. Malahan, bisa jadi MPASI tersebut memicu alergi pada bayi, gangguan pencernaan, atau obesitas
§  Mengapa umur 6 bl adalah saat terbaik anak mulai diberikan MPASI ?
§  Pemberian makan setelah bayi berumur 6 bulan memberikan perlindungan besar dari berbagai penyakit. Hal ini disebabkan sistem imun bayi < 6 bl belum sempurna. Pemberian MPASI dini sama saja dg membuka pintu gerbang masuknay berbagai jenis kuman. Belum lagi jika tidak disajikan higienis. Hasil riset terakhir dari peneliti di Indonesia menunjukkan bahwa bayi yg mendapatkan MPASI sebelum ia berumur 6 bl, lebih banyak terserang diare, sembelit, batuk-pilek, dan panas dibandingkan bayi yg hanya mendapatkan ASI eksklusif. Belum lagi penelitian dari badan kesehatan dunia lainnya
Tidak ada untungnya memberikan makanan pengganti ASI sebelum enam bulan - selain kelebihan berat badan yang tidak perlu. Malahan, bisa jadi MPASI tersebut memicu alergi pada bayi, gangguan pencernaan, atau obesitas
Mengapa umur 6 bl adalah saat terbaik anak mulai diberikan MPASI ?
§  Pemberian makan setelah bayi berumur 6 bulan memberikan perlindungan besar dari berbagai penyakit. Hal ini disebabkan sistem imun bayi < 6 bl belum sempurna. Pemberian MPASI dini sama saja dg membuka pintu gerbang masuknay berbagai jenis kuman. Belum lagi jika tidak disajikan higienis. Hasil riset terakhir dari peneliti di Indonesia menunjukkan bahwa bayi yg mendapatkan MPASI sebelum ia berumur 6 bl, lebih banyak terserang diare, sembelit, batuk-pilek, dan panas dibandingkan bayi yg hanya mendapatkan ASI eksklusif. Belum lagi penelitian dari badan kesehatan dunia lainnya
§  Saat bayi berumur 6 bl keatas, sistem pencernaannya sudah relatif sempurna dan siap menerima MPASI. Beberapa enzim pemecah protein spt asam lambung, pepsin, lipase, enzim amilase, dsb baru akan diproduksi sempurna pada saat ia berumur 6 bl.
§  Mengurangi resiko terkena alergi akibat pada makanan. Saat bayi berumur < 6 bl, sel2 di sekitar usus belum siap utk kandungan dari makanan. Sehingga makanan yg masuk dapat menyebabkan reaksi imun dan terjadi alergi.
§  Menunda pemberian MPASI hingga 6 bl melindungi bayi dari obesitas di kemudian hari. Proses pemecahan sari2 makanan yg belum sempurna.Pada beberapa kasus yg ekstrem ada juga yg perlu tindakan bedah akibat pemberian MPASi terlalu dini. Dan banyak sekali alasan lainnya mengapa MPASI baru boleh diperkenalkan pada anak setelah ia berumur 6 bl.

PANDANGAN MASYARAKAT
Kalo begitu kenapa masih banyak orangtua yg telah memberikan MPASI ke anaknya sebelum berumur 6 bl ? Banyak sekali alasan kenapa ortu memberikan MPASI < 6 bl. Umumnya banyak ibu yg beranggapan kalo anaknya kelaparan dan akan tidur nyenyak jika diberi makan. Meski gak ada relevansinya banyak yg beranggapan ini benar. Kenapa ? Karena belum sempurna, sistem pencernaannya harus bekerja lebih keras utk mengolah & memecah makanan. Kadang anak yg menangis terus dianggap sbg anak gak kenyang. Padahal menangis bukan semata2 tanda ia lapar.
Belum lagi masih banyak anggapan di masyarakat kita spt ortu terdahulu bahwa anak saya gak papa tuh dikasih makan pisang pas kita umur 2 bl. Malah sekrg jadi orang. Alasan lainnya juga bisa jadi juga tekanan dari lingkungan dan gak ada dukungan spt alasan di atas. Dan gencarnya promosi produsen makanan bayi yg belum mengindahkan ASI eksklusif 6 bl

MANFAAT ASI


UNTUK BAYI
Berikut manfaat ASI untuk bayi
Pemberian ASI merupakan metode pemberian makan bayi yang terbaik, terutama pada bayi umur kurang dari 6 bulan, selain juga bermanfaat bagi ibu. ASI mengandung semua zat gizi dan cairan yang dibutuhkan untuk memenuhi seluruh gizi bayi pada 6 bulan pertama kehidupannya.
1.     Pada umur 6 sampai 12 bulan, ASI masih merupakan makanan utama bayi, karena mengandung lebih dari 60% kebutuhan bayi. Guna memenuhi semua kebutuhan bayi, perlu ditambah dengan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI).
2.     Setelah umur 1 tahun, meskipun ASI hanya bisa memenuhi 30% dari kebutuhan bayi, akan tetapi pemberian ASI tetap dianjurkan karena masih memberikan manfaat.
3.     ASI disesuaikan secara unik bagi bayi manusia, seperti halnya susu sapi adalah yang terbaik untuk sapi
4.     Komposisi ASI ideal untuk bayi
5.     Dokter sepakat bahwa ASI mengurangi resiko infeksi lambung-usus, sembelit, dan alergi
6.     Bayi ASI memiliki kekebalan lebih tinggi terhadap penyakit. Contohnya, ketika si ibu tertular penyakit (misalnya melalui makanan seperti gastroentretis atau polio), antibodi sang ibu terhadap penyakit tersebut diteruskan kepada bayi melalui ASI
7.     Bayi ASI lebih bisa menghadapi efek kuning (jaundice). Level bilirubin dalam darah bayi banyak berkurang seiring dengan diberikannya kolostrum dan mengatasi kekuningan, asalkan bayi tersebut disusui sesering mungkin dan tanpa pengganti ASI.
8.     ASI selalu siap sedia setiap saat bayi menginginkannya, selalu dalam keadaan steril dan suhu susu yang pas
9.     Dengan adanya kontak mata dan badan, pemberian ASI juga memberikan kedekatan antara ibu dan anak. Bayi merasa aman, nyaman dan terlindungi, dan ini mempengaruhi kemapanan emosi si anak di masa depan.
10.  Apabila bayi sakit, ASI adalah makanan yang terbaik untuk diberikan karena sangat mudah dicerna. Bayi akan lebih cepat sembuh.
11.  Bayi prematur lebih cepat tumbuh apabila mereka diberikan ASI perah. Komposisi ASI akan teradaptasi sesuai dengan kebutuhan bayi, dan ASI bermanfaat untuk menaikkan berat badan dan menumbuhkan sel otak pada bayi prematur.
12.  Beberapa penyakit lebih jarang muncul pada bayi ASI, di antaranya: kolik, SIDS (kematian mendadak pada bayi), eksim, Chron’s disease, dan Ulcerative Colitis.
13.  IQ pada bayi ASI lebih tinggi 7-9 point daripada IQ bayi non-ASI. Menurut penelitian pada tahun 1997, kepandaian anak yang minum ASI pada usia 9 1/2 tahun mencapai 12,9 poin lebih tinggi daripada anak-anak yang minum susu formula.
14.  Menyusui bukanlah sekadar memberi makan, tapi juga mendidik anak. Sambil menyusui, eluslah si bayi dan dekaplah dengan hangat. Tindakan ini sudah dapat menimbulkan rasa aman pada bayi, sehingga kelak ia akan memiliki tingkat emosi dan spiritual yang tinggi. Ini menjadi dasar bagi pertumbuhan manusia menuju sumber daya manusia yang baik dan lebih mudah untuk menyayangi orang lain. 

UNTUK IBU
Berikut manfaat ASI untuk ibu menyusui 
1.     Hisapan bayi membantu rahim menciut, mempercepat kondisi ibu untuk kembali ke masa pra-kehamilan dan mengurangi risiko perdarahan
2.     Lemak di sekitar panggul dan paha yang ditimbun pada masa kehamilan pindah ke dalam ASI, sehingga ibu lebih cepat langsing kembali
3.     Penelitian menunjukkan bahwa ibu yang menyusui memiliki resiko lebih rendah terhadap kanker rahim dan kanker payudara.
4.     ASI lebih hemat waktu karena tidak usah menyiapkan dan mensterilkan botol susu, dot, dsb
5.     ASI lebih praktis karena ibu bisa jalan-jalan ke luar rumah tanpa harus membawa banyak perlengkapan seperti botol, kaleng susu formula, air panas, dsb
6.     ASI lebih murah, karena tidak usah selalu membeli susu kaleng dan perlengkapannya
7.     ASI selalu bebas kuman, sementara campuran susu formula belum tentu steril
8.     Penelitian medis juga menunjukkan bahwa wanita yang menyusui bayinya mendapat manfaat fisik dan manfaat emosional
9.     ASI tak bakalan basi. ASI selalu diproduksi oleh pabriknya di wilayah payudara. Bila gudang ASI telah kosong. ASI yang tidak dikeluarkan akan diserap kembali oleh tubuh ibu. Jadi, ASI dalam payudara tak pernah basi dan ibu tak perlu memerah dan membuang ASI-nya sebelum menyusui

UNTUK KELUARGA
1.     Tidak perlu uang untuk membeli susu formula, botol susu kayu bakar atau minyak untuk merebus air, susu atau peralatan.
2.     Bayi sehat berarti keluarga mengeluarkan biaya lebih sedikit (hemat) dalam perawatan kesehatan dan berkurangnya kekhawatiran bayi akan sakit.
3.     Penjarangan kelahiran karena efek kontrasepsi LAM dari ASI eksklusif.
4.     Menghemat waktu keluarga bila bayi lebih sehat.
5.     Memberikan ASI pada bayi (meneteki) berarti hemat tenaga bagi keluarga sebab ASI selalu siap tersedia.
6.     Lebih praktis saat akan bepergian, tidak perlu membawa botol, susu, air panas, dll.

UNTUK MASYARAKAT DAN NEGARA
1.     Menghemat devisa negara karena tidak perlu mengimpor susu formula dan peralatan lain untuk persiapannya.
2.     Bayi sehat membuat negara lebih sehat.
3.     Terjadi penghematan pada sektor kesehatan karena jumlah bayi sakit lebih sedikit.
4.     Memperbaiki kelangsungan hidup anak dengan menurunkan kematian.
5.     Melindungi lingkungan karena tak ada pohon yang digunakan sebagai kayu bakar untuk merebus air, susu dan peralatannya.
6.     ASI adalah sumber daya yang terus menerus diproduksi dan baru.

Masalah menyusui

Berikut daftar masalah menyusui:
§  ASI sedikit
§  Apabila anda merasa ASI anda kurang
§  Bagaimana mengetahui bayi cukup ASI
§  Berbagai Mitos ASI
§  Mulai dari pemberian air tajin hingga susu formula
§  Bingung puting
§  Jika perlekatan bayi tidak benar
§  Jika bayi tidak bisa menghisap puting dengan benar
§  Jika bayi menghisap ujung puting, dan bukannya seluruh puting
§  Infeksi Payudara / Mastitis
§  Jika anda mengalami demam tinggi di atas 38.5
§  Jika daerah payudara berwarna merah dan sakit jika disentuh
§  Jika susu berwarna kuning tua dan kental / berbutir
§  Lonjakan pertumbuhan / Growth spurt
§  Jika bayi kelihatannya tidak pernah kenyang
§  Payudara bengkak
§  Saat payudara sakit karena bengkak dan penuh ASI
§  Puting lecet
§  Jika kulit puting terkelupas sehingga sakit saat dihisap oleh bayi
§  Berkaitan dengan bingung puting
§  Puting terbalik
§  Jika puting kelihatannya tidak melesak ke luar
§  Relaktasi
§  Jika anda sempat berhenti menyusui, tetapi ingin memulai lagi

Waktu menyusui

SEBERAPA SERING SEBERAPA LAMA
Pada awalnya, bayi akan disusui sekitar setiap dua sampai tiga jam. Pada masa awal ini, bayi menghisap selama lima sampai dua puluh menit pada setiap payudara, bisa lebih cepat atau lebih lama tergantung keinginan bayi
Bayi anda mungkin hanya ingin menyusu pada satu payudara dan setelah itu tertidur. Tidak apa apa - waktu menyusui berikutnya, sodorkan payudara yang satu lagi. Gunakan peniti di BH untuk mengingat payudara mana yang terakhir. Jika bayi anda ingin menyusui dari dua payudara, berikanlah.
Tidak usah dijadwal, turutilah kapanpun bayi meminta minum.
Perlu diingat, lambung bayi yang baru lahir itu kecil sekali. Karena itu mereka meminum ASI sedikit sedikit, dan sering (karena ASI sangat mudah dicerna dan diserap). Karena itu, biarkanlah bayi mengatur kapan mereka mau ASI. Tidak ada kata “jarak antar minum terlalu sebentar”, karena saat bayi mengatur asupan ASI mereka, payudara akan mengatur produksi ASI secara otomatis. Jarak antar minum setidaknya 45 menit adalah cukup normal saja untuk bayi yang baru lahir.
Lambat laun, jarak antar minum ini akan bertambah jarang dengan tumbuhnya bayi, hingga 2-3 jam sekali. Namun, sewaktu waktu, ada saatnya bayi mengalami lonjakan pertumbuhan (growth spurts), selama kira-kira 2-3 hari. Growth spurts itu seringkali terjadi umur 3 minggu, 6 minggu, 3 bulan, dan 6 bulan. Saat itu, bayi akan membutuhkan lebih banyak susu dari sebelumnya, sehingga dia akan meminta ASI lebih sering bahkan setiap setengah jam, selama 2-3 hari itu. Tidak apa apa, turuti saja kemauan bayi itu seberapa seringnya pun, karena payudara anda akan beradaptasi dengan membuat ASI lebih banyak lagi. Setelah beberapa hari, jarak antar menyusui akan menjadi lebih jarang kembali. Intinya, kalau nangis, sodorkan payudara!

Bayi cukup ASI


BAGAIMANA TAHU BAYI CUKUP ASI
Banyak ibu yang merasa ASI sedikit, karena tidak tahu apakah bayinya sudah cukup minum.
Bagaimana mengetahui bahwa ASI cukup banyak dan cukup mengenyangkan bayi?
§  Kalau bayi melepaskan payudara dengan sendirinya ketika kenyang, berarti dia cukup minum ASI
§  Kalau bayi kelihatan kenyang setelah minum ASI, berarti dia cukup minum ASI. (Bayi saya bertampang ‘mabok’ kalau kenyang ASI, dan langsung tidur lagi)[
§  Kalau bayi cukup banyak berak dan pipis, berarti dia cukup minum ASI
Jika tanda-tanda sederhana ini diikuti, jangan khawatir.
BERAT BADAN KURANG?
Silakan terus ambil berat badan bayi anda. Normalnya bayi sampai 4 bulan mengalami kenaikan berat 100-170 gram per minggu.Tidak perlu ke dokter jika tanda-tanda di atas dan berat badannya naik dengan baik.
Beberapa hari lalu saya ditelpon seorang kawan. Intinya kawan ini bingung. Bagai berada di sebuah simpang tiga, ke kanan atau ke kiri. Ke kanan dengan ASI tapi berat badan bayi bertambah begitu-begitu saja, atau ke kiri dengan susu formula anjuran dokter yang menjanjikan pertambahan berat badan yang pesat. 
§  Bayi kawan saya ini pertambahan BB-nya tidak sepeti yang diharapkan. 4 minggu setelah kelahirannya BB bayi hanya bertambah tidak sampai 1,5 kilogram.
§  Putri pertama saya, Hanan lahir normal dengan berat badan 3,2 kilogram. Dengan ASI saja, dalam 1 bulan pertama kehidupannya BB putri saya melambung menjadi 5 kilogram. *Sungguh berlainan dengan putri kedua yang lahir normal juga dengan BB 3,4 kilogram. Putri kedua, Haifa meperoleh perlakuan yang sama, mendapat ASI eksklusif dari saya. Namun bulan pertama dilalui dengan pertambahan BB yang hanya 1 kilogram saja.
Kenapa pertambahan BB Hanan dan Haifa bisa begitu berbeda? Saya curiga jawabannya cuma satu, perbedaan metabolisme tubuh. Saya juga akhirnya berkesimpulan bahwa kemajuan pertumbuhan bayi tidak hanya diukur dari pertambahan BB. Berdasarkan pengalaman di atas, saya menyarankan kepada kawan saya untuk tetap bertahan dengan ASI.

Perawatan payudara

Bagaimana mempersiapkan payudara untuk menyusui?
Menurut Breastfeeding Mothers' Support Group Singapore:
§  Kenakan BH yang nyaman dan menopang payudara dengan baik
§  Jangan membersihkan puting dan payudara dengan sabun atau alkohol karena akan membuat puting dan payudara menjadi kering dan mudah luka
§  Rawatlah puting setiap hari dengan air hangat saja dan jika mau oleskan krim khusus payudara (atau ada juga yang menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa) - jangan menggunakan vaseline atau bahan lain yang mengandung zat berbahaya
Jika anda tidak sempat melakukan semua hal di atas itu, jangan khawatir, karena tidak akan banyak mempengaruhi proses menyusui. Hal di atas hanya unuk kenyamanan saja
Wilayah aerola cukup dibersihkan dengan ASI. Sebelum menyusui, jangan bersihkan aerola (daerah gelap sekitar puting) dengan air. Gunakan ASI, karena sudah mengandung antibodi.
Ada ibu-ibu yang menarik-narik puting sebagai persiapan untuk menyusui. Namun, riset membuktikan bahwa hal ini tidak menghalangi terjadinya puting lecet pada minggu-minggu pertama.

Mulai menyusui

Persiapan Menyusui Menjelang Melahirkan
Yang terpenting dalam persiapan menyusui adalah mempersiapkan mental dan psikologi anda. Perawatan fisik payudara itu sendiri, tidak lah sepenting persiapan mental anda. Kami sarankan anda melakukan hal-hal berikut:
§  Pilihlah dokter yang mendukung keputusan anda untuk menyusui. Tanyalah dokter apabilah mungkin untuk menyusui bayi secepat mungkin setelah melahirkan, khususnya apabila tidak terjadi komplikasi melahirkan. Diskusikan dengan dokter anda, pilihan obat penghilang rasa sakit yang paling cocok, karena obat ini mempengaruhi seberapa cepat anda bisa menyusui. Contohnya, Pethidine membuat ibu merasa mual dan membuat bayi menjadi agak teler sesaat setelah melahirkan.
§  Pilihlah rumah sakit yang mendukung menyusui, yaitu: mengizinkan ibu tidur di satu ruangan dengan anak (rooming-in), mengizinkan menyusui sesuai permintaan bayi (on-demand), tidak memberikan botol (susu formula, air glukosa, atau suplemen lainnya), dsb. Pastikan bahwa suster di rumah sakit itu tahu bahwa anda akan menyusui dan bayi anda tidak boleh diberikan susu botol. Bila perlu, mintalah dokter anda membuat surat khusus untuk suster baik dokter anda ataupun dokter anak
§  Hadirilah kelas-kelas persiapan kehamilan. Biasanya kelas ini mengajarkan teknik pernafasan untuk mengurangi rasa sakit melahirkan. Dengan teknik ini, kemungkinan anda perlu menggunakan penghilang rasa sakit akan berkurang. Pastikan kelas tersebut juga mengajarkan dasar-dasar menyusui.
§  Carilah informasi mengenai menyusui sebanyak mungkin: dari perpustakaan ataupun internet.
§  Pilihlah BH menyusui yang baik: memberikan support kepada payudara, dan juga cukup besar untuk melewatkan puting. Jangan gunakan BH yang terlalu ketat.
§  Jangan mencuci daerah puting dengan sabun, karena minyak naturalnya dapat larut dalam sabun. Apabila daerah putting kekurangan minyak dari kelenjar di sekitar puting, puting menjadi mudah lucu karena terlalu kering. Cukup mencuci puting dengan air saja. Melembabkan puting dengan minyak natural atau anhydrous lanolin (dapat diperoleh di apotek) bisa dilakukan. Jangan memberi vaselin kepada putting atau pelembab yang menggunakan bahan-bahan kimiawi.

KAPAN SAYA MULAI MENYUSUI?
Sesegera mungkin setelah melahirkan. Pada dasarnya, menyusui dalam setengah jam pertama akan membangunkan refleks menghisap pada bayi supaya dia dapat menghisap dengan baik selanjutnya. Jika refleks menghisap ini tidak dibangunkan saat itu, bayi akan kehilangan refleks ini selama 48 jam, sehingga bayi kelihatan tidak berminat untuk menyusui hingga 48 jam kemudian
Semakin cepat bayi disodorkan payudara, semakin cepat ASI terproduksi. Sebelum ASI terproduksi, di payudara terdapat kolostrum yang kaya akan faktor kekebalan tubuh dan sangat mudah dicerna. ASI itu sendiri baru keluar sekitar mulai hari kedua hingga hari ke enam. Pada hari-hari itu kadang ASI masih bercampur kolostrum sehingga warnanya agak krem. Kemudian, ASI akan kelihatan lebih encer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar